Wednesday, February 28, 2018

Kanker Prostat



 Artikel ini sangat diminati oleh hampir seluruh kaum pria di Indonesia karena hampir 100% pria setelah menginjak usia 40th pasti mengalami pembesaran kelenjar prostat dan sebagian besar di antaranya mengalami keluhan dari yang ringan hingga yang berat.
Dan tentunya untuk para istri, masalah suaminya itu juga menjadi masalah istri. Bisa di bayangkan jika masalah prostat suami sampai menggangu hubungan suami istri.

Definisi
Kanker prostat adalah penyakit di mana sel-sel di kelenjar prostat menjadi abnormal dan mulai tumbuh tak terkendali, membentuk tumor.
Deskripsi
Kanker prostat merupakan keganasan dari salah satu kelenjar kelamin utama laki-laki. Seiring dengan testis dan vesikula seminalis, prostat mengeluarkan cairan yang membentuk air mani. Prostat adalah seukuran kenari dan terletak persis di belakang kandung kemih. Sebuah tumor dalam prostat mengganggu dengan kontrol yang tepat dari kandung kemih dan fungsi seksual normal. Seringkali gejala pertama dari kanker prostat adalah kesulitan dalam buang air kecil. Namun, karena kondisi, yang sangat umum non-kanker prostat, benign prostatic hyperplasia (BPH), juga menyebabkan masalah yang sama, kesulitan dalam buang air kecil belum tentu akibat kanker.
sel-sel kanker dalam prostat itu sendiri pada umumnya tidak mematikan mereka sendiri. Namun, seperti tumor tumbuh, beberapa sel pecah dan menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui getah bening atau darah, suatu proses yang dikenal sebagai metastasis. Yang paling situs umum untuk kanker prostat untuk bermetastasis adalah vesikula seminalis, kelenjar getah bening, paru-paru, dan berbagai tulang di sekitar pinggul dan daerah panggul. Dampak dari tumor baru ini apa yang bisa causedeath.
Pada awal 2000-an, kanker prostat merupakan keganasan yang paling sering didiagnosis antara laki-laki dewasa di negara-negara Barat. Walaupun kanker prostat seringkali sangat lambat tumbuh, dapat menjadi agresif, terutama pada pria muda. Mengingat sifat lambat tumbuh nya, banyak orang dengan penyakit tersebut mati karena penyebab lain bukan dari kanker itu sendiri.
Kanker prostat mempengaruhi orang Afrika-Amerika dua kali lebih sering orang kulit putih, angka kematian di antara Afrika-Amerika juga dua kali lebih tinggi. Afrika-Amerika memiliki tingkat tertinggi kanker prostat dari setiap kelompok populasi dunia.
Penyebab dan gejala
Penyebab yang tepat dari kanker prostat tidak diketahui sejak tahun 2000-an.Namun, ada beberapa faktor risiko yang diketahui untuk penyakit termasuk usia di atas 55, warisan Afrika-Amerika, riwayat keluarga penyakit, pajanan kadmium atau karet, dan diet lemak tinggi. Pria dengan kadar testosteron plasma yang tinggi juga mungkin memiliki peningkatan risiko untuk mengembangkan kanker prostat.
Sering, kanker prostat tidak memiliki gejala dan penyakit ini didiagnosis ketika pasien berlaku untuk pemeriksaan skrining rutin. Namun, ketika tumor besar atau kanker telah menyebar ke jaringan di dekatnya, gejala berikut mungkin terlihat:
• lemah atau terputus aliran urin
• sering buang air kecil (terutama pada malam hari)
• kesulitan mulai buang air kecil
• ketidakmampuan untuk buang air kecil
• rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil
• darah dalam urin
• gigih sakit di punggung bawah, pinggul, atau paha (nyeri tulang)
• menyakitkan ejakulasi
Diagnosa
Kanker prostat dapat disembuhkan bila terdeteksi dini. Namun tahap awal kanker prostat seringkali tanpa gejala, sehingga penyakit sering tidak terdeteksi sampai pasien memiliki pemeriksaan fisik rutin. Diagnosis kanker prostat dapat dibuat menggunakan beberapa atau semua tes berikut.
Digital pemeriksaan dubur (dre)
Untuk melakukan tes ini, dokter menempatkan jari, bersarung dilumasi (digit) ke dalam rektum untuk merasakan untuk setiap benjolan di prostat. rektum terletak tepat di belakang kelenjar prostat, dan mayoritas tumor prostat mulai di daerah posterior prostat. Jika dokter tidak mendeteksi kelainan, ia mungkin agar lebih banyak tes untuk mengkonfirmasi temuan ini.
Tes darah
Tes darah digunakan untuk mengukur jumlah penanda protein tertentu, seperti antigen prostat-khusus (PSA), ditemukan beredar dalam darah. Sel-sel melapisi prostat umumnya membuat protein ini dan sejumlah kecil dapat dideteksi secara normal dalam aliran darah. Sebaliknya, kanker prostat menghasilkan banyak protein ini, secara signifikan meningkatkan tingkat sirkulasi. Temuan dari tingkat PSA lebih tinggi dari normal untuk kelompok umur pasien itu mengarah ke kanker yang hadir.
Transrectal USG
Sebuah probe kecil ditempatkan di rektum dan gelombang suara yang dilepaskan dari probe. Ini gelombang suara memantul dari jaringan prostat dan gambar dibuat.Sejak prostat jaringan normal dan tumor prostat mencerminkan gelombang suara berbeda, tes merupakan cara yang efisien dan akurat untuk mendeteksi tumor.Meskipun memasukkan probe ke dalam anus mungkin sedikit tidak nyaman, prosedur umumnya menimbulkan rasa sakit dan hanya memakan waktu 20 menit.
Biopsi prostat
Jika kanker dicurigai dari hasil salah satu tes di atas, dokter akan menghapus sepotong kecil jaringan prostat dengan jarum berongga. Sampel ini kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk keberadaan sel-sel kanker. Biopsi prostat adalah alat diagnostik yang paling pasti untuk kanker prostat.
Kanker prostat juga dapat didiagnosis berdasarkan pemeriksaan jaringan yang diambil selama reseksi transurethral dari prostat (TURP). Prosedur ini dilakukan untuk membantu meringankan gejala BPH, pembesaran prostat jinak. Seperti biopsi, ini adalah metode diagnostik definitif untuk kanker prostat.
Sinar X dan teknik pencitraan
Sebuah dada x ray mungkin diperintahkan untuk menentukan apakah kanker telah menyebar ke paru-paru. teknik Imaging (seperti scan computed tomography (CT) dan Magnetic Resonance Imaging (MRI)), di mana sebuah komputer digunakan untuk menghasilkan gambaran rinci tentang prostat dan sekitarnya, dapat dilakukan untuk mendapatkan tampilan yang lebih jelas dari organ internal. bone scan dapat digunakan untuk memeriksa apakah kanker telah menyebar ke tulang.
Pengobatan
Setelah kanker terdeteksi selama pemeriksaan mikroskopis dari jaringan prostat selama biopsi atau TURP, dokter akan menentukan dua nilai numerik yang berbeda yang akan membantu menentukan pengobatan dan prognosis pasien.
Tumor grading
Pada awalnya, ahli patologi akan tumor grade berdasarkan pemeriksaan nya dari jaringan biopsi. Skor ahli patologi penampilan sampel biopsi menggunakan sistem Gleason. Sistem ini menggunakan skala 1-5 berdasarkan kesamaan sampel atau perbedaan untuk jaringan prostat yang normal. Jika jaringan sangat mirip dengan jaringan normal, masih dibedakan dengan baik dan diberikan nomor grading rendah, seperti satu atau dua. Sebagai jaringan menjadi lebih dan lebih abnormal (kurang dan kurang dibedakan), meningkat jumlah grading, hingga lima. Kurang jaringan dibedakan dianggap lebih agresif dan lebih mungkin menjadi sumber metastasis.
Sistem grading Gleason yang terbaik prediksi prognosis pasien jika ahli patologi memberikan dua nilai pada pola sampel-a primer dan tertentu
Kanker pementasan
Nilai numerik kedua ditentukan oleh dokter akan menjadi stadium kanker, yang memperhitungkan kelas dari tumor ditentukan oleh ahli patologi. Berdasarkan rekomendasi dari Komite Bersama Amerika Kanker (AJCC), dua jenis data yang digunakan untuk pementasan kanker prostat. data klinis berdasarkan gejala eksternal kanker, sedangkan data histopatologis didasarkan pada operasi pengangkatan prostat dan pemeriksaan jaringan tersebut. data klinis yang paling berguna untuk membuat keputusan pengobatan, sedangkan data patologis adalah prediktor terbaik dari prognosis. Untuk alasan ini, pementasan kanker prostat memperhitungkan baik informasi klinis dan histopatologis. Secara khusus, dokter melihat ukuran tumor (T), keterlibatan kelenjar getah node (N), kehadiran viseral (organ internal) keterlibatan (metastasis = M), dan tingkat tumor (G).
Klasifikasi tumor sebagai T1 berarti kanker yang terbatas pada kelenjar prostat dan tumor yang terlalu kecil untuk dirasakan selama Dre. T1 tumor sering ditemukan setelah pemeriksaan jaringan yang diambil selama TURP. Definisi T1 dibagi menjadi orang-orang yang menunjukkan sel-sel kanker kurang dari 5% kanker dalam sampel jaringan (T1a) atau sel% lebih dari 5 kanker dalam sampel jaringan (T1b). T1c berarti bahwa biopsi dilakukan berdasarkan hasil PSA tinggi. Klasifikasi tumor kedua adalah T2, dimana tumor cukup besar dirasakan selama Dre tersebut. T2a menunjukkan bahwa hanya kiri atau kanan kelenjar yang terlibat, sedangkan T2b berarti kedua sisi dari kelenjar prostat memiliki tumor.
Dengan T3 tumor kanker telah menyebar ke jaringan ikat di dekat prostat (T3a) atau ke vesikula seminalis juga (T3b). T4 menunjukkan kanker yang telah menyebar dalam panggul untuk jaringan sebelah prostat seperti kandung kemih sphincter itu, rektum, atau dinding panggul. Kanker prostat cenderung menyebar berikutnya ke kelenjar getah bening regional dari pelvis, diindikasikan sebagai N1. Kanker prostat dikatakan pada tahap M1 ketika telah menyebar di luar pelvis pada kelenjar getah bening jauh (M1a), tulang (M1b) atau organ seperti hati atau otak (M1c). Nyeri, berat badan, dan kelelahan sering menyertai tahap M1.
Nilai dari tumor (G) dapat dinilai selama biopsi, operasi TURP, atau setelah pengangkatan prostat. Ada tiga mutu diakui: G1, G2, dan G3, menunjukkan tumor dengan baik, sedang, atau buruk dibedakan, masing-masing. G, LN, M deskripsi digabungkan dengan T definisi untuk menentukan stadium dari kanker prostat.

Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment