Wednesday, February 14, 2018

12 Obat Batuk Alami yang Aman untuk Ibu Hamil


Penyakit flu bisa menyerang siapa saja terutama pada musim hujan, termasuk pada ibu hamil. Hal ini tentu tidak terhindarkan, apalagi selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh Moms lebih menurun dari biasanya sehingga rentan terserang penyakit.

Meskipun saat kehamilan Moms terus memperhatikan kesehatan, tapi terkadang muncul penyakit yang datang dengan sendirinya, seperti batuk.

Batuk saat hamil tentu sangat mengganggu terutama bila tidak segera diobati. Apalagi Moms sering kali dibayang-bayangi rasa takut memikirkan obat batuk yang aman untuk ibu hamil.
Lalu, Apakah Flu Pada Ibu Hamil Berbahaya Bagi Kandungan Jika Tidak Segera Disembuhkan?

Flu pada ibu hamil akan membahayakan kesehatan janin apabila tidak segera ditangani secara serius. Risiko paling utama adalah terjadinya skizofrenia pada anak yang akan dilahirkan terutama bila influenza menyerang ibu hamil selama trimester pertama kehamilan.

Risiko lainnya adalah autisme, prematuritas dan gangguan bipolar pada bayi. Apabila ibu hamil menderita flu dalam kurun waktu yang lama, maka bisa menyebabkan nyeri pada tenggorokan dan perut yang merangsang kontraksi sehingga memicu kelahiran prematur.

Menurut dokter, ada banyak obat batuk yang aman untuk ibu hamil di pasaran, tetapi sebetulnya tidak ada obat yang 100% aman. Ada obat-obat tertentu yang justru akan memberikan efek samping kurang baik bagi janin.

Karena itu, Moms juga perlu mengetahui obat batuk alami untuk ibu hamil sehingga Moms dapat mengonsumsinya tanpa rasa khawatir akan efek sampingnya.
Cara Alami Menyembuhkan Batuk Saat Hamil

Berikut adalah cara alami yang bisa dilakukan apabila Moms mengalami batuk saat hamil :

Perhatikan suhu tubuh. Periksa suhu tubuh Moms dua kali sehari untuk memastikan apakah ada tanda-tanda demam.
Istirahat yang cukup. Ibu hamil sebaiknya tidak melakukan aktivitas berat terlebih lagi saat terkena flu.
Kurangi stres. Sebab mengurangi stres saat hamil dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Konsumsi makanan sehat yang bergizi seperti sayuran, buah-buahan, terutama yang banyak mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Untuk mengatasi hidung yang tersumbat, oleskan balsam atau minyak gosok pada dada untuk menghangatkan, dan juga sedikit di bawah hidung.
Perbanyak minum air putih karena flu membuat ibu hamil rentan mengalami dehidrasi, yang membutuhkan perhatian lebih besar dibanding pada wanita yang tidak hamil. Selain air putih, Moms juga bisa mencegah dehidrasi dengan membuat sendiri limun, kaldu tulang, teh herbal, air kelapa dan minuman elektrolit khusus. Jauhi kafein karena dapat lebih memicu dehidrasi.
Konsumsi obat sesuai resep dokter. Sebaiknya menghindari antihistamin, ibuprofen dan aspirin ketika batuk saat hamil. Apabila batuk membandel, segera konsultasikan kepada dokter dan mintalah obat batuk yang aman untuk ibu hamil.

Namun, ibu hamil batuk tidak perlu buru-buru mengonsumsi obat flu yang beredar di pasaran. Ada banyak obat batuk yang aman untuk ibu hamil, yang juga alami dan efektif untuk meredakan batuk saat hamil. Moms bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah daftar obat batuk alami untuk ibu hamil.

1. Bawang putih

Bagian dari keluarga bawang-bawangan, bawang putih adalah penangkal alami terhadap flu terutama batuk selama hamil. Bahkan dalam sebuah penelitian, konsumsi suplemen bawang putih setiap hari mengurangi peluang terkena flu lebih dari 60%. Bagi mereka yang sakit, bawang putih membantu pulih lebih cepat.

Selama kehamilan, sebaiknya konsumsi satu siung bawang putih mentah setiap kali makan. Jika batuk semakin parah, konsumsi satu siung bawang putih setiap 2-3 jam. Bagi Moms yang kurang suka baunya yang menyengat, bisa diakali mengolesi bawang putih dengan madu. Mengapa madu? Sebab madu bersifat antibakteri, antimikroba, dan antiseptik, yang tentu sangat membantu mempercepat pemulihan batuk saat hamil.

2. Bawang merah

Selain bawang putih, keluarga bawang-bawangan lain yang mampu menangkal flu secara alami adalah bawang merah. Bawang merah mentah memiliki phytochemical yang membantu menjaga saluran pernapasan terbuka. Tambahkan irisan bawang merah setiap kali makan atau Moms bisa membuat jus bawang merah dicampur dengan madu.

3. Cuka apel (Apple Cider Vinegar)

Cuka apel membantu tubuh dalam keadaan alkalin, dimana sebagian besar penyakit tidak dapat berkembang dalam lingkungan alkalin tersebut. Cuka apel juga mengandung bakteri baik yang membantu melawan infeksi. Campur 1-2 sendok makan cuka apel ke dalam air atau teh dan minum tiga kali sehari. Cara lainnya adalah kumur cuka apel untuk meredakan sakit tenggorokan.

4. Lemon dan jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis sangat kaya akan vitamin C, bersifat antibakteri dan juga membantu tubuh dalam keadaan basa. Telah lama diakui bahwa lemon dan jeruk nipis sangat berkhasiat, terutama sebagai obat batuk alami. Selain sangat alami dan efektif, lemon dan jeruk nipis adalah obat batuk yang aman untuk ibu hamil.

Meskipun demikian, ibu hamil tetap harus mengikuti aturan pakainya agar tidak mengurangi khasiatnya. Khususnya bagi ibu hamil yang menderita penyakit lambung, sebaiknya tetap berhati-hati mengonsumsi lemon dan jeruk nipis sesuai takaran yang tepat sehingga tidak menyerang lambung.

Ambil dua buah lemon atau jeruk nipis, peras airnya. Setelah itu tambahkan satu liter air, satu sendok makan madu dan sejumput garam. Minum sepanjang hari. Bisa juga dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan kecap manis dan minum secara teratur setiap hari. Cara lainnya, belah lemon menjadi dua bagian, tambahkan sejumput lada hitam dan garam, lalu sesap lemon dan rasakan aroma harumnya.

5. Jahe

Jahe dapat digunakan untuk meredakan tenggorokan dan obat batuk yang aman untuk ibu hamil. Caranya mudah, siapkan dua ruas jahe, kupas sebelum mencucinya dengan air bersih lalu rebus dengan dua gelas air. Setelah air mendidih dan berkurang setengahnya, minum secara teratur tiga kali sehari sampai batuk hilang. Moms juga bisa membuat minuman teh dicampur jahe untuk membantu meredakan tenggorokan.

6. Daun kemangi

Bukan hanya bagus untuk masakan dan berbau harum, daun kemangi memiliki sifat baik untuk meredakan batuk kering sehingga menjadi obat batuk alami untuk wanita hamil. Caranya sangat mudah, minum secara teratur air rebusan daun kemangi satu sendok teh saja setiap kali minum.

7. Daun seledri

Seledri memiliki khasiat yang sama dengan daun kemangi. Untuk penggunaan daun seledri, Moms juga bisa merebusnya, tapi kali ini ditambah dengan 1 sendok makan madu. Sampai saat ini, air rebusan seledri terbukti efektif untuk meredakan batuk untuk ibu hamil ataupun tidak.

8. Daun sirih

Pengobatan alternatif lain yang bisa dicoba, yaitu dengan merebus daun sirih, lalu tambahkan beberapa potong jahe. Minum air rebusan tersebut secara teratur, hingga gatal-gatal pada tenggorokan tidak terasa lagi. Air rebusan daun sirih itu sangat manjur meringankan batuk dan kandungan jahenya memberikan efek hangat pada tenggorokan dan mulut.

9. Garam laut

Berkumur dengan air garam hangat dapat mengurangi rasa gatal, nyeri, dan bengkak di tenggorokan. Caranya, masukkan satu sendok teh garam laut ke dalam satu gelas air hangat, aduk rata, gunakan untuk berkumur secara teratur

10. Kunyit dan garam

Jika Moms tidak suka air garam, ganti dengan bubuk kunyit secukupnya dicampur dengan susu atau madu dan minum selagi hangat.

11. Minyak kelapa

Minyak kelapa bersifat antiviral, antibakteri, dan antijamur. Tambahkan minyak kelapa pada menu masakan setiap hari atau dapat diminum langsung dengan ditambahkan satu sendok makan madu.

12. Sup ayam buatan sendiri

Rebus kaldu tulang dalam panci, tambahkan bawang, wortel, seledri, jamur, peterseli dan potongan ayam. Jangan lupa garam laut untuk menambah rasa. Sup ayam membantu meredakan demam akibat flu dan mengurangi rasa gatal pada tenggorokan.

Begitu banyak info tentang obat batuk alami untuk ibu hamil yang mungkin berguna apabila Moms batuk saat hamil. Selain obat alami tersebut di atas, Moms juga bisa membuat sendiri minuman alami yang membantu meredakan penyakit batuk saat hamil.

Nah, pernahkah Moms mengalami batuk saat hamil? Silakan berbagi tentang obat batuk alami untuk ibu hamil kepada kami.


Sumber: klik disini

0 comments:

Post a Comment